Contoh Teknik Pengumpulan Data



Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

Observasi adalah pengamatan langsung ke lokasi penelitian yang dilakukan dengan memperhatikan, mempelajari dan mencatat berbagai hal yang dapat dijadikan obyek penelitian, serta mengumpulkan data sekunder dari berbagai dokumen. Tujuan pendekatan observasi ini adalah untuk memahami berbagai situasi dan kondisi serta keterangan-keterangan yang terjcakup dalam dimensi obyek dan subyek penelitian.

Studi Kepustakaan adalah aktivitas pengumpulan berbagai jenis data sekunder yang dilakukan dengan cara mempelajari dan mengutip berbagai teori dari berbagai buku, mempelajari dan mengutip data dari berbagai dokumen, mempelajari dan mengutip berbagai informasi dari internet dan media cetak. Tujuan studi kepustakaan ini adalah memperoleh rujukan teori-teori yang berguna untuk memahami konstruk variabel-variabel penelitian, memperoleh landasan teoritis untuk menyusun konsep operasional variabel-variabel penelitian, dan memperoleh berbagai data atau informasi yang diperlukan untuk mendeskripsikan obyek atau subyek penelitian.

Kuesioner Penelitian (penyebaran angket) adalah pengajuan pernyataan/pertanyaan tertulis serta pilihan jawaban kepada para responden yang menjadi sampel penelitian. Kuesioner penelitian ini berfungsi sebagai instrumen pengumpulan data primer (data yang langsung dari sumbernya). Pengajuan pernyataan-pertanyaan tersebut disertai dengan pilihan jawaban yang disusun berdasarkan format Skala Likert. Dengan format skala Likert penyusunan Kuesioner Penelitian terdiri dari item Pernyataan variabel bebas X item Pernyataan variabel terikat Y serta Kelompok Pertanyaan Karakteristik Responden untuk disampaikan kepada responden yang menjadi sampel penelitian.

0 Komentar untuk " Contoh Teknik Pengumpulan Data "